Bahaya Vertigo yang Perlu Diketahui

Bahaya Vertigo – Serangan vertigo biasanya ditandai dengan sensasi rasa tidak seimbang. Seseorang yang mengalami hal tersebut akan merasa berputar-putar. Gejala tersebut tidak boleh disepelekan karena beberapa bahaya vertigo cukup mengancam.

Gejala lain yang bisa muncul adalah pusing, sakit kepala, mual, muntah, berkeringat, hingga telinga berdenging. Serangan vertigo yang bisa terjadi secara tiba-tiba juga dapat mengganggu aktivitas atau kehidupan normal penderitanya. Beberapa bahaya dari penyakit ini yang perlu Anda ketahui antara lain adalah sebagai berikut.

Masalah Kesehatan Akibat Vertigo

akibat vertigo
hourdetroit.com

Terdapat vertigo perifer dan sentral yang penyebabnya berbeda-beda. Namun gejala vertigo tersebut sama-sama dapat menimbulkan kelainan atau gangguan kesehatan lain seperti berikut.

1. Kesulitan beraktivitas

Gejala vertigo yang paling banyak dirasakan umumnya adalah rasa berputar-putar atau bergerak. Hal tersebut dapat terasa walaupun sedang dalam kondisi diam. Gejala semacam ini tentu akan membuat penderitanya akan mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sensasi berputar-putar akan mengganggu karena tubuh terasa sulit untuk berdiri tegap maupun untuk berjalan.

2. Gangguan gerakan bola mata dan badan

Kelainan yang timbul akibat vertigo salah satunya adalah nistagmus. Nistagmus merupakan istilah medis yang digunakan untuk kondisi pada gerakan mata yang abnormal.

Kondisi tersebut menjadi satu dari beberapa bahaya vertigo yang perlu diwaspadai. Selain nistagmus, penderita juga mengalami gangguan gerakan pada anggota badannya.

3. Kehilangan pendengaran

Bahaya yang satu ini dapat muncul terutama pada vertigo perifer. Jenis vertigo tersebut terjadi akibat adanya masalah di bagian dalam organ telinga. Telinga bagian dalam dan sel-sel rambut yang terkena iritasi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kehilangan pendengarannya.

Suara berdenging di telinga memang termasuk salah satu gejala vertigo yang perlu diwaspadai. Gejala tersebut akan sangat mengganggu aktivitas dan berbahaya jika berlangsung terus-menerus.

4. Menyebabkan jatuh

Seseorang yang jatuh dengan pelan mungkin tidak begitu berbahaya. Namun orang yang tiba-tiba mengalami vertigo bisa saja jatuh dari posisi berdiri dengan cukup keras. Kondisi tersebut dapat menyebabkan cedera seperti patah tulang pinggung.

Pencegahan vertigo sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti pengendalian asupan garam. Hal yang dikhawatirkan dari vertigo ini adalah gejalanya yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung beberapa detik atau bahkan lebih lama.

5. Meningkatkan risiko kecelakaan di jalan raya

Bahaya vertigo yang mungkin saja terjadi adalah kecelakaan saat berkendara. Apabila pengendara memiliki riwayat penyakit ini, maka perlu diwaspadai kemungkinan penyakit tersebut kambuh di tengah posisi Anda berkendara.

Penderita sebenarnya bisa melakukan beberapa langkah untuk membantu mencegah vertigo kambuh. Salah satunya adalah dengan melakukan rehabilitasi vestibular secara rutin terutama untuk penderita vertigo perifer.

6. Terkena stroke

Kehilangan keseimbangan yang terjadi pada penderita vertigo cukup mengancam sistem tubuh terutama bagian otak. Jika gejala tersebut terjadi dalam kurun waktu beberapa hari, kemungkinan ada masalah kesehatan lain seperti stroke.

Masalah-masalah pada otak juga dapat muncul apabila vertigo disertai dengan tidak adanya koordinasi pada salah satu bagian tubuh. Bahaya vertigo tersebut peru untuk diwaspadai karena bisa mengancam jiwa.

Hal-hal untuk pencegahan bisa dilakukan dengan mengontrol faktor penyebab stroke. Mulai dari mengontrol tekanan darah, berat badan, kolesterol, dan kadar gula darah.

Mencegah penyakit vertigo sangat disarankan dengan selalu menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat. Ketahui juga gejala dari penyakit vertigo dan segera periksa ke dokter apabila merasakan gejala tersebut. Hal demikian baik dilakukan untuk mencegah bahaya vertigo berlanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *