Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Saat Anda memiliki keperluan untuk mengambil gaji namun berhalangan maka Anda disarankan untuk membuat surat kuasa kepada orang lain yang Anda percaya seperti anggota keluarga untuk mengambilnya.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengetahui berbagai macam cara membuat surat kuasa pengambilan gaji.

Adanya surat kuasa memberikan banyak manfaat bagi Anda yang berhalangan untuk mengambil gaji karena Anda sedang sakit atau pun ada keperluan lainnya yang tidak dapat ditinggal.

Cara Membuat Surat Kuasa Pengambilan Gaji

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi untuk membuat surat kuasa untuk berbagai macam keperluan seperti untuk mengambil gaji:

1. Jenis – jenis surat kuasa

Sumber Gambar: mpssoft.co.id

Ada tiga macam surat kuasa yang harus Anda ketahui, antara lain adalah sebagai berikut:

– Surat kuasa perseorangan

Surat kuasa perseorangan merupakan surat yang dibuat oleh pihak pertama (pihak pemberi kuasa) kepada pihak kedua (pihak penerima surat kuasa) yang dipercaya untuk mewakili melakukan sesuatu yang sifatnya penting dan pihak pertama tidak dapat melakukannya karena berhalangan atau pun sakit.

Salah satu contoh surat kuasa antara lain adalah surat kuasa untuk menggambil gaji, mengambil bpkb, surat kuasa tanah dan lain – lain.

– Surat kuasa yang bersifat kedinasan

Surat kuasa kedinasan merupakan salah satu jenis surat yang dibuat oleh suatu instansi, lembaga ataupun perusahaan yang diberikan kepada pihak penerima untuk menjalankan perintah sesuai dengan yang tertulis di dalam surat kuasa.

Contohnya adalah surat dinas yang isinya adalah pemberitahuan untuk cuti bersama dan lain – lain.

– Surat kuasa istimewa

Surat kuasa ini merupakan salah satu jenis surat yang diberikan kepada orang lain yang dipercaya, seperti contohnya adalah surat kuasa yang diberikan oleh seseorang kepada pengacara yang dipilihnya untuk membantu menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang ada hubungannya dengan pengadilan.

2. Ciri – ciri surat kuasa

Sumber Gambar: https://news.com.au/

Surat kuasa memiliki ciri – ciri sebagai berikut:

  • Surat kuasa berisi pesan yang di dalamnya terjadi pemberian kuasa kepada orang lain yang dipercaya untuk menjalankan amanat.

Surat tersebut dibuat karena pihak pemberi kuasa tidak mampu mengerjakan kewajibannya sehingga membutuhkan bantuan orang lain.

Contohnya adalah surat kuasa yang ditujukan untuk mengambil gaji.

  • Bahasa yang digunakan singkat padat, jelas dan mudah dipahami oleh orang lain.
  • Bahasa yang digunakan untuk membuat surat kuasa harus jelas dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

3. Cara Membuat surat kuasa

Sumber Gambar: contoh-surat.org

Berikut ini adalah hal – hal yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu sumber referensi untuk mengetahui cara membuat surat kuasa pengambilan gaji:

  • Pemberi kuasa membuat surat kuasa dengan format yang telah ditentukan.

Ada pun formatnya antara lain adalah berisi data diri lengkap (nama, umur, alamat) baik dari pemberi atau pun penerima kuasa.

Selain itu, Anda harus mencantumkan tujuan surat kuasa, tanggal pembuatan surat kuasa dan tanda tangan dari kedua belah pihak.

  • Bahasa yang digunakan singkat, padat dan jelas
  • Anda tidak mencantumkan kop surat jika jenis surat kuasa pribadi. Namun, jika surat berasal dari instansi maka membutuhkan kop surat
  • Kedua belah pihak sehat baik secara jasmani maupun rohani.
  • Penerima kuasa sudah dewasa
  • Pada surat kuasa membutuhkan tanda tangan dari kedua belah pihak agar surat tersebut bersifat sah.
  • Surat kuasa mempunyai waktu yang terbatas dan harus diberi materai 6000.

Setelah Anda mengetahui taat cara dan aturan untuk membuat surat kuasa untuk mengambil gaji maka Anda dapat melihat tata cara untuk membuat surat kuasa lainnya.

Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi website di celtics town.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *