Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis yang Banyak Ditemukan di Indonesia

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis – Indonesia merupakan negara tropis yang dekat dengan garis khatulistiwa. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab banyaknya ditemukan hutan hujan tropis di tanah air tercinta ini. Hutan hujan tropis sendiri punya peran yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di bumi karena luasannya yang besar dengan vegetasi yang sangat banyak di dalamnya.

Keberadaan hutan hujan tropis ini dapat membantu menyeimbangkan alam dengan memberikan suplai oksigen untuk makhluk hidup. Selain itu keberadaan hutan ini pun bisa membantu menurunkan suhu bumi dan mencegah terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor. Tapi tahukan Anda ciri-ciri hutan hujan tropis tersebut?

Mengenal Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis

ciri ciri hutan
lionmag.net

Hutan hujan tropis bisa dikenali dari ciri-cirinya yang berbeda dengan hutan jenis lainnya. Hutan ini memang memiliki ciri khas yang lain dibandingkan hutan yang lainnya, diantaranya adalah:

1. Memiliki kelembaban udara yang tinggi

Hutan hujan tropis diisi oleh vegetasi yang sangat banyak dan saling menaungi satu sama lain. Akibatnya permukaan tanah akan tertutupi oleh dedaunan dan pepohonan yang ada di bagian atasnya.

Akibatnya permukaan tanah dari hutan ini jarang terkena sinar matahari secara langsung yang membuatnya jauh lebih lembab. Hal tersebut mengakibatkan terciptanya kelembaban udara yang tinggi di sekitar hutan.

2. Diisi oleh pepohonan tinggi bedaun lebat

Di hutan hujan tropis akan sangat mudah dijumpai pepohonan yang tinggi menjulang dengan daun-daun yang sangat lebat. Vegetasi tersebut bisa terbentuk lantaran lingkungan hidup yang sangat mendukung untuk pepohonan tadi tumbuh tinggi dan lebat.

Tanah yang lembab dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun membuat kebutuhan air tanaman akan selalu tercukupi. Selain itu kandungan humus yang tinggi di dalam tanahnya juga sangat mendukung pertumbuhan tanaman di dalam hutan. Bahkan ketinggian dari pohon yang tumbuh di hutan ini bisa mencapai pulihan meter.

3. Vegetasinya sangat beragam

Di dalam sebuah hutan hujan tropis terdapat keanekaragaman yang sangat tinggi.Dapat ditemukan berbagai jenis tanaman mulai dari pepohonan, semak dan berbagai jenis tanaman lainnya.

Pohon-pohon yang tumbuh di dalam hutan ini saling membentuk lapisan satu sama lain yang membuat hutan ini terlihat sangat rapat tanpa adanya celah terbuka. Tingkatan jenis tanaman yang ada di hutan hujan tropis ini sangat lengkap dari mulai strata A sampai dengan strata E.

4. Merupakan habitat bagi beragam jenis satwa

Vegetasinya yang beragam juga berpengaruh terhadap makhluk hidup berupa hewan yang tinggal di dalamnya. Di dalam hutan hujan tropis bisa ditemukan banyak jenis makhluk hidup mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

Masing-masing dari hewan tersebut memiliki habitatnya sendiri di dalam hutan mulai dari di kayu-kayu pepohonan hingga di dedaunan yang rimbun.

5. Memiliki kemampuan regenerasi yang tinggi

Ciri-ciri hutan hujan tropis lainnya adalah tingginya kemampuan untuk beregenerasi. Ekosistem yang sudah terbentuk sedemikian rupa membuat hutan ini bisa memperbaiki adanya kerusakan dengan cepat.

Tapi dengan catatan bahwa kerusakan yang terjadi adalah kerusakan alami yang disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup, bukan kerusakan besar-besaran yang dibuat oleh ulah manusia.

Perannya yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan bumi membuat hutan hujan tropis perlu untuk dilestarikan. Jagalah hutan hujan tropis yang ada supaya alam tetap seimbang dan tetap nyaman untuk ditinggali.

Hindari tindakan-tindakan yang berisiko merusak hutan karena ada banyak akibat mengerikan yang bisa ditimbulkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *