7 Langkah Praktis Mendesain Kaos Agar Lebih Mudah

Kaos merupakan jenis pakaian yang cukup digemari oleh masyarakat karena nyaman digunakan untuk beraktivitas. Ada 7 langkah praktis mendesain kaos yang bisa diikuti jika berniat membuat kaos.

Kaos dan desain adalah 2 hal yang berhubungan, jika membuat kaos pasti harus mendesain terlebih dahulu. Kaos biasanya dibutuhkan dengan jumlah yang banyak pada acara khusus atau sebagai seragam.

Demi mendapatkan desain sesuai keinginan banyak yang memilih mendesain sendiri dibanding meminta bantuan ahli. Berikut ini langkah dalam mendesain kaos :

Melihat untuk Apa Kaos Dibuat

Image Source: bp.blogspot.com

Tentu saja jika membuat kaos pasti ada tujuan yang ingin disampaikan. Jangan sampai kamu membuat desain tapi tidak sesuai dengan tujuan dari kaos yang akan dibuat.

Jika kaos digunakan untuk promosi atau publikasi maka yang harus dikedepankan adalah brand yang ingin dipublikasi. Jika kaos dibuat hanya untuk dipakai sebagai seragam, maka harus mengedepankan nilai kenyamanannya.

Menentukan Budget Pembuatan Kaos

Dalam membuat desain kaos, kamu harus melihat  berapa besar budgetmu dulu. Jika kamu mengetahui budget dalam membuat kaos maka desain yang dibuat bisa menyesuaikan.

Misalnya dalam menentukan jenis sablon, menentukan bahan, dan menentukan berapa warna yang akan digunakan. Dengan mengetahui jumlah budget kamu bisa mengestimasi hal-hal tersebut sesuai desain.

Mengetahui Jenis Sablon yang Akan Digunakan

Jenis sablon yang digunakan pada kaos bermacam macam. Menentukannya sejak awal sangat berguna untuk mengestimasi waktu, biaya, bahan, maupun hasil cetakan sablon yang telah jadi. Sablon biasanya dibuat dengan teknik screen printing, vinyl graphic , DTG, dan masih banyak lagi jenis yang lainnya.

Menentukan Konsep Desain Kaos yang Paling Disukai

Selanjutnya dalam 7 langkah praktis mendesain kaos adalah menentukan konsep desain yang paling kamu sukai. Pastikan konsep yang telah kamu tentukan sebelumnya dapat tertuang dengan sempurna pada desain kaos.

Misalnya jika konsep dari kaos adalah promosi pastikan informasi pentingnya masuk ke dalam desain. Atau jika ditujukan untuk atlet gunakan bahan yang tepat dan juga hal yang mencirikan seorang atlet  misalnya seperti logo.

Mengevaluasi Hasil Desain yang Telah Selesai Dibuat

Mengevaluasi hasil desain yang telah jadi berguna untuk melihat apa maksud dan tujuan dari kaos sudah tersampaikan. Kamu bisa meminta pendapat orang lain yang ada di sekitarmu untuk penilaian yang lebih objektif.

Jika terdapat beberapa kesalahan lakukan perbaikan pada desain terlebih dahulu. Jika sudah bagus dan tidak ada kesalahan lagi bisa lanjut ke tahap lain.

Simpan Hasil Desainmu dengan Format File yang Tepat

Simpan hasil desainmu dengan beberapa format atau tipe file yang berbeda. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi di tempat percetakannya mungkin tidak bisa membaca beberapa jenis file.

Berikan format nama yang teratur dan rapi sehingga kamu mudah mencarinya. Jangan lupa beri tanggal untuk membedakan desain terbaru dengan yang lama.

Pilih Konveksi Kaos yang Sudah Memiliki Reputasi Baik

Setelah semua hal di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya adalah membawa hasil desain ke konveksi kaos untuk dibuatkan kaosnya. Pilih konveksi yang memiliki reputasi baik misalnya dengan memperhatikan keprofesionalan mereka, harga yang lebih murah, dan hasil yang memuaskan.

Itulah 7 langkah praktis mendesain kaos yang bisa dilakukan oleh siapapun termasuk kamu. Tidak susah kan untuk mendapatkan kaos sesuai keinginan, jadi jangan takut untuk mendesain kaosmu sendiri tanpa bantuan ahli.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *