5 Syarat Unik dalam Mendirikan Rumah Gadang!

Provinsi Sumatera Barat adalah Provinsi dengan kondisi geografisnya berupa pegunungan. Ibukota dari Sumatera Barat adalah Padang. Padang identik dengan masakannya yang melegenda dan terkenal di seluruh dunia, masih banyak keunikan tersembunyi dari Padang.

Selain Rumah Makan Padang yang menjadi ikon dari kota Padang adalah Jam Gadang, kata Gadang sebenarnya berasal dari rumah adat Daerah Padang yang disebut Rumah Gadang. Berikut ini adalah 5 keunikan syarat mendirikan rumah Gadang

1. Jumlah Ruangan Harus Ganjil

rumah gadang

Ciri khas dari rumah Gadang adalah jumlah ruagannya yang harus berjumlah ganjil. Mulai dari 3 ruangan hingga 11 ruangan, angka ganjil ini dipercaya menjadi sebuah kepercayaan tentang salah satu ayat di Alquran yang menyatakan bahwa Allah menyukai angka- angka ganjil.

Ruangan Ganjil ini juga mengingat Atap rumah Gadang biasanya juga berjumlah ganjil disesuaikan dengan jumlah ruangannya. Jumlah yang ganjil ini menyesuaikan juga dengan adat rumah gadang yang menempatkan waita memiliki kedudukan yang istimewa di masyarakat.

2. Jumlah Kamar disesuaikan dengan Jumlah Perempuan

Sumatera Barat menganut paham matrelinial yang artinya keturunan diambil dari garis ibu, sehingga wanita di Sumatera Barat memiliki kedudukan yang istimewa bagi masyarakat Sumatera Barat maka jumlah ruangan kamar yang akan dibuat disesuaikan jumlah wanita dikeluarga.

Keunikan jumlah ruangan ini juga mengindikasikan bahwa masyarakat padang lebih mengutamakan kaum wanita dibanding dengan laki-laki dan biasanya para laki-laki padang akan merantau untuk mempersunting wanita padang sebab lelaki harus membayar mahar.

3. Bagian Kiri Terdapat Anjuang

rumah adat sumatera barat

Anjungan atau anjuang dibuat disebelah kiri rumah, biasanya anjuang ini digunakan untuk tempat bersandingnya pengantin baru ataupun penobatan kepala adat yang berlaku di Sumatera Barat tersebut, setiap rumah disediakan tempat khusus di sisi kiri untuk anjuang.

Anjuang ini juga digunakan sebagai tempat yang diskralkan bagi masyarakat padang sebab hanya digunakan untuk ritual-ritual khusus sesuai dengan adat yang berkembang di masyarakat padang. Proses persandingan pengantin juga membutuhkan ritual kusus di Anjuang ini

4. Harus dibangun di Tanah sendiri

Hal unik lainnya yang wajib kalian ketahui adalah bahwa orang minang yang hendak mendirikan rumah harus didirikan
di tanah milik sendiri. Selain itu, dalam prosesnya harus ada musyawarah dan disyahkan oleh penghulu kaum setelah itu baru rumah dapat didirikan dengan sederhana.

Bagi masyarakat minang meskipun sederhana lebih bangga mendirikan rumah ditanah sendiri dibanding dengan milik orang lain. Tanah milik sendiri ini juga merupakan kewajiban simbol kemandirian bagi masyarakat padang sehingga lekat dengan tradisi merantau.

5. Setiap Ruangan diberi Motif

filosofi rumah gadang

Ciri khas lain dari rumah gadang adalah dindingnya dipenuhi dengan ukiran diseluruh ruangannya. Motif-motif yang biasanya digunakan adalah motif makhluk hidup tumbuh- tumbuhan yang di padukan dengan motif geometris seperti segitiga dan lingkaran sampai penuh.

Rumah adat Gadang ini dibangun dengan menggunakan kayu-kayu pilihan dan motif-motif geometris ini dipenuhkan diseluruh dinding ruangan. Rumah Gadang yang semakin penuh motif dan semakin indah motifnya semakin menyatakan status sosial pemilik rumah.

Nah, itulah 5 keunikan rumah gadang yang wajib kamu ketahui , Indonesia kaya akan adat dan budaya peninggalan nenek moyang yang patut untuk dipelihara dan dilestarikan sebab memiliki nilai yang tidak ternilai. Semoga artikel ini bermanfaat.:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *