Tips Memilih Nama Domain

Sebagai seorang yang akan membuat website, memilih nama domain kadang menjadi kendala. Ya, mirip seperti seseorang yang akan memberikan nama untuk anaknya. Perlu dipikirkan sebaik mungkin, biar nanti nggak menyesal kalau websitenya udah jalan.

Nah, bedanya milih nama domain dengan nama anak itu, kalau nama anak bisa sama, nama domain ini nggak bisa sama. Jadi, kalau satu nama udah dipakai, kita nggak bisa memakainya lagi tuh. Paling cuma beda di ekstensi domainnya, mau .com .net .id atau dot dot yang lain.

Memilih nama website yang menarik ini bisa berdampat pada kelangsungan website kamu lho. Enah itu websitenya mau dibuat blog pribadi ataupun untuk bisnis online.

Terus apa dong yang harus diperhatikan?

Ini nih, ada beberapa tips yang bisa kamu coba ketika akan menentukan nama domain.

Nama yang Singkat

teknologi.info

Kalau pilih nama domain, maksimal 20 karakter saja, jangan lebih. Kalau bisa malah kurang dari 10 karakter. Soalnya, kalau namanya kepanjangan, orang yang mau mengunjungi website kamu secara langsung bakal kesulitan juga.

Jadi, milih namanya yang singkat, biar mudah diingat. Kalau ada yang cuma 4 karakter, coba aja tuh namanya digunakan.

Mind-Catching

suratkabar.id

Apa itu mind-catching?

Mind-catching itu nama domainnya mudah diingat, langsung nyantol di pikiran orang yang mendengarnya gitu. Ya, walaupun ada fungsi bookmark di browser, tapi kalau namanya sudah diingat kan akan lebih menguntungkan lagi.

Pilih nama yang langsung bisa diingat sesuai dengan usaha atau fungsi website yang kamu jalankan. Kalau bisa jangan pakai kata yang susah dibaca atau singkatan.

Gampang Dieja

Kalau nama domain yang kamu pilih sulit dieja, tentu akan menyulitkan pengunjung website kamu. Bisa jadi orang yang mengunjungi website kamu jadi nggak tau nama webnya kan ya?

Kamu bisa menggunakan kata yang sudah umum kalau ada. Tapi, kalau memang sudah nggak ada, cari yang diejanya itu gampang. Pilih yang namanya Indonesia banget, biar gampang.

Pilih-pilih Ekstensi

Sekarang ini ada banyak banget ekstensi yang ada di dunia ini. Mulai dari .com .net. .org sampai .id juga ada. Kegunaannya sih ternyata berbeda-beda.

Misalnya saja .com, itu untuk badan usaha komersil; .net untuk penyedia layanan ISP; .org untuk organisasi; .id untuk personal yang ada di Indonesia.

Tapi, yang paling banyak digunakan untuk saat ini adalah ekstensi .com. Selain paling banyak digunakan, ekstensi tersebut juga paling gampang diingat.

Jangan Ada Simbol di Antara Kita

Kalau memilih nama domain, jangan gunakan simbol, bisa berupa angka atau tanda hubung. Soalnya, orang akan mengetik nama website biasanya tanpa tanda atau simbol. Nah, kalau memang terpaksa, gunakan angka lah paling maksimal.

Pakai Nama Pribadi atau Kata Kunci

sribu.com

Nah, ini bisa jadi memberikanmu ide yang mantab. Kalau kamu akan membuat blog pribadi, bisa gunakan nama kamu sendiri tuh. Bisa nama panggilang yang singkat padat jelas, atau bisa gunakan nama panjang kamu. Tapi jangan kepanjangan lho namanya.

Atau, kalau kamu mau jualan atau cuma bikin website informasi yang bertema, kamu bisa pakai kata kunci yang tertarget. Ya, kata kunci yang akan kamu bidik untuk tema websitemu.

Misalnya saja kalau kamu mau bangun web tentang kucing. Kamu bisa memilih nama kucingpersia.com, atau mungkin kucinglangka.com.

Ya semua tergantung sama kamu sih ujung-ujungnya.

Kamu bisa menggunakan nama yang unik, menarik, mudah diingat, dan gampang dieja, kayak masfikr.com misalnya. Itu kan nama yang gampang diingat banget. Misal kamu cerita ke teman dengan nama itu, kalau dia langsung buka di browser-nya juga bisa tuh.

Gimana? Mudah bukan? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *